Dinas Kesehatan laksanakan Rekonsiliasi data Jamkes Sumbar Sakato dengan Kelurahan

Jul 20, 2019

13 kali dibuka

Dinas Kesehatan laksanakan Rekonsiliasi data Jamkes Sumbar Sakato dengan Kelurahan

Dinas Kesehatan menggelar rekonsiliasi data Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS). Program kesehatan untuk masyarakat tidak mampu itu diselenggarakan di Pangeran Beach Hotel Padang.

Hadir dalam acara tersebut, seluruh Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial Kelurahan, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Kelurahan, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Kota Padang dan pembina dari Dinas Kesehatan Kota Padang

“Data yang divalidasi adalah peserta JKSS yang meninggal, pindah, ganda, tidak ditemukan dan sudah mampu, sedangkan data penggantinya merupakan warga yang telah terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT)” tegas dr. Hj. Ferimulyani, M.Biomed (Selasa, 16/7)

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion ini dilaksanakan selama 3 hari, 16-18 Juli 2019. Kecamatan dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing kelompok satu hari rekonsiliasi. Hari pertama diikuti oleh Kecamatan Padang Barat, Padang Utara, Padang Selatan dan Lubuk Kilangan. Hari kedua diikuti oleh Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang Timur dan Nanggalo. Kemudian hari ketiga diikuti oleh Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Pauh, Koto Tangah dan Kuranji. Pada saat FGD langsung dilakukan validasi data JKSS oleh masing-masing Kelurahan yang didampingi Pembina dari Dinas Kesehatan.

Rekonsiliasi bertujuan untuk memverifikasi dan validasi data JKSS sebagaimana yang tertuang dalam kesepakatan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJS Kesehatan dengan Dinas Kesehatan Kota Padang yang dilakukan minimal 3 (tiga) bulan sekali sehingga diperolehnya data yang lebih valid.

Lebih lanjut dr. Ferimulyani menyampaikan “dalam proses verifikasi dan validasi data Jamkes Sumbar Sakato, diharapkan pihak Kelurahan, PSM dan TKSK benar-benar turun ke lapangan sehingga diperoleh data yang valid dan tepat sasaran”

Admin_RAS