Dinkes Padang Adakan Workshop PTM Untuk Tingkatkan Performa Dokter Di Puskesmas

Agt 10, 2019

16 kali dibuka

Dinkes Padang Adakan Workshop PTM Untuk Tingkatkan Performa Dokter Di Puskesmas

Dinkes Padang_Penyakit Tidak Menular (PTM) semakin berkembang dewasa ini, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga merupakan penyumbang penyebab kematian terbesar di dunia (WHO, 2013). Sementara di Indonesia sendiri terjadi peningkatan prevalensi jumlah penderita Hipertensi dan Diabetes Melitus masing-masing sebesar 34,1% dan 6,9% (Riskesdas, 2018).

Berdasarkan data tersebut, maka Dinas Kesehatan Kota Padang mengadakan workshop PTM bagi petugas puskesmas dalam pendampingan pasien Hipertensi dan Diabetes Melitus serta teknik menurunkan obesitas pada pasien. Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari di Hotel Rangkayo Basa Padang (8-9/8) yang diikuti oleh dokter fungsional dan kordinator Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas se-Kota Padang.


Acara dibuka oleh Kepala Seksi P2PTM Keswa dan Napza Dinas Kesehatan Kota Padang H. Syafruddin,SKM. Beliau memaparkan situasi dan kondisi PTM di Kota Padang, dimana jumlah posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) yang masih belum menjangkau di semua kelurahan. “Impian bagi kita adalah agar gaungnya posbindu sama halnya dengan posyandu, yang jauh lebih dulu lahir di Indonesia. Dengan adanya posbindu di masyarakat, diharapkan dapat mencapai masyarakat berusia produktif agar mau memeriksakan dirinya minimal setahun sekali”, tandasnya.


Bagaimana caranya? Lebih lanjut, salah seorang peserta mengungkapkan agar petugas puskesmas dapat menjual semua program kesehatan, melalui media spanduk, leaflet, atau bahkan memanfaatkan sosial media sebagai sarana informasi kepada masyarakat. “Dengan adanya instagram, facebook, bahkan website, masyarakat bisa melihat puskesmas dan posbindu hanya dalam genggamannya saja, apalagi ditambah dengan penulisan dan gambar yang menarik mungkin akan tergerak hatinya untuk datang ke posbindu” pungkas drg. Ice Tresia yang merupakan kordinator UKM Puskesmas Nanggalo.


Dalam acara ini juga menghadirkan narasumber ahli dari RSUD dr. Rasidin Padang, dr. Lisa Oktamuva ,SP.PD dan dr. Tries Emnaldy, Sp.PD. Teknis dan tata laksana pendampingan pasien PTM khususnya Hipertensi dan Diabetes Melitus serta tips dan trik menurunkan obesitas, cukup menambah penyegaran ilmu bagi semua peserta. “Modifikasi gaya hidup lah yang paling penting, jangan hanya bergantung kepada terapi obat, insyaAllah bisa menurunkan angka kematian akibat PTM” terang dr. Em sapaan akrab dr. Tries Emnaldy, Sp.PD. “Kepada teman-teman di puskesmas, saling bersinergi lah baik dari segi promosi kesehatan maupun edukasi gizi, sehingga pasien-pasien PTM kita nantinya tidak jatuh ke arah komplikasi” tambahnya.


Banyak harapan yang disampaikan kali ini. “Dukungan dari para dokter di puskesmas terhadap kegiatan PTM, agar dapat menjadi pemicu bagi pengelola PTM di puskesmas sehingga semakin terpompa semangatnya untuk turun ke lapangan” ujar dr. Gentina di sela-sela penutupan acara. Tak hanya itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr. Ferimulyani juga berpesan tentang harapannya agar lintas sektor dapat memberikan dukungan dan respon yang positif di setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh puskesmas. “Mensosialisasikan program-program prioritas kesehatan kepada pihak kelurahan merupakan salah satu cara  sehingga dapat bersama-sama membangun masyarakat yang sehat dan produktif ”imbuhnya.


Admin : LBS