Dinkes Padang Rangkul lintas Sektor Cegah Penyakit Menular

Jul 23, 2019

15 kali dibuka

Dinkes Padang Rangkul lintas Sektor Cegah Penyakit Menular

Dinas Kesehatan Kota Padang menggelar acara sosialisasi program P2M (Pencegahan Penyakit Menular) dengan lintas sektor di Aula Dinas Kesehatan Kota Padang pada Senin (22/7). Kegiatan di buka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr.Ferimulyani Hamid yang dihadiri oleh guru sekolah dasar, tokoh masyarakat dan perwakilan dari Kemenag Kota Padang.

Penyakit menular merupakan masalah kesehatan masyarakat yang masih menjadi fokus perhatian pemerintah pada saat ini. Jenis penyakit menular ada yang secara langsung dan ada pula yang melalui perantara binatang atau serangga. "Penyakit menular yang di tularkan melalui perantara binatang atau serangga di antaranya DBD, malaria, kecacingan, filariasis, leptospirosis, rabies, dll" terang dr. Ferimulyani dalam sambutannya.

  "Upaya mengatasi penyakit menular bersumber binatang lebih di tekankan kepada pencegahan oleh masyarakat secara mandiri seperti berperilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga" tegasnya lagi.

Sementara itu kabid pencegahan dan penanggulangan penyakit dr Gentina menyampaikan bahwa pencegahan penyakit menular perlu mendapat perhatian semua pihak, karna mengancam kesehatan dan kehidupan masyarakat yang secara langsung membahayakan perkembangan sosial dan ekonomi, untuk itu perlu koordinasi dengan dengan berbagai pihak, seperti guru dan tokoh masyarakat.

Antusiasme selama materi disampaikan menunjukkan energi positif bagi Dinkes Padang. Terlihat dari diskusi interaktif dari peserta. Terdapat tanggapan peserta terhadap proses pemeriksaan TBC, usulan pembuatan wastafel di sekolah sebagai pencegahan penyebaran penyakit, usulan penambahan kurikulum pendidikan tentang kesehatan, diskusi mengenai fakta atau hoax tentang perebusan air minum isi ulang serta diskusi seputar informasi penyakit menular yang beredar di masyarakat. hal ini menunjukan kepedulian yang besar dari masyarakat terhadap kesehatan terutama penyakit menular.

“Kami berharap agar toma dan para guru bisa melakukan tindakan pencegahan penyakit menular, dimulai dari diri sendiri , keluarga dan mengajak masyarakat untuk membersihkan lingkungan agar tidak ada tempat perindukan vector penular penyakit", terang Evawestari selaku Kasi Pencegahan Penyakit Menular DKK Padang.

Evawestari berharap dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan peserta dapat menjadi promotor atau role model dalam mencegah penyakit menular di masyarakat, ungkapnya.

admin: TT