5 Makanan Ini Bikin Semangat

 

5 Makanan Ini Bikin Semangat

 

Mengonsumsi makanan kadang menimbulkan rasa bersalah, karena usai memakannya perut terasa kembung, atau gangguan kesehatan lainnya. Tapi secara ilmiah terbukti beberapa makanan bisa membuat Anda semangat.

 

1. Kenari mentah

Satu ons kenari memiliki empat gram protein (yang mengisi Anda, dan membantu menjaga kadar gula darah stabil), dan dua gram serat (juga membantu mengisi perut Anda), menurut ahli gizi New York, Elisa Zied.

Kenari merupakan sumber yang baik dari magnesium dan phosophorus. Dengan tingkat rendah magnesium telah dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi, sementara tingkat tinggi magnesium dikaitkan dengan gejala berkurangnya depresi.

Makanan ini juga mengandung antioksidan sel-melindungi dan rendah karbohidrat, yang berarti mereka tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah, dan insulin.

 

2. Daun kol

Satu ikat daun kol merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, C, K, dan magnesium, serta sumber serat yang baik, kata Zied. Daun kol juga tinggi tembaga, mineral jejak yang bekerja untuk mendukung banyak fungsi vital.

"Daun kol adalah salah satu makanan sehat di planet ini," ujar Dr Drew Ramsey, asisten profesor klinis psikiatri di Columbia University College of Physicians & Surgeon, dan co-penulis The Happiness Diet.

 

3. Tiram

"Tiram sangat rendah kalori, dan dapat menurunkan peradangan," kata ahli gizi New York, Bonnie Taub-Dix, R.D, dan penulis Read It Before You Eat It.

Taub-Dix mengatakan tiram membuat jantung sehat, dan memberikan kontribusi untuk perasaan yang besar setelah makan karena meningkatkan sirkulasi keseluruhan.

Tiram juga sangat tinggi nutrisi penting seperti asam lemak omega-3. Dan tentu saja, tiram sudah dianggap sebagai afrodisiak.

Makanan ini juga merupakan sumber seng-mineral, serta vitamin B12, kata Ramsey. Zinc memiliki peran dalam membantu tubuh kita melawan stres dan sangat penting untuk bagian dari otak yang mengatur suasana hati, dan memori.

 

4. Kopi

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan fokus mental, dan kewaspadaan serta kinerja atletik. Mengonsumsi kopi juga melindungi terhadap diabetes tipe 2, dan menurunkan risiko depresi.

Ramsey menganjurkan untuk menghindari minuman kopi yang sangat manis, karena bisa menyebabkan kembung.

 

5. Dark Chocolate

"Dark chocolate merupakan salah satu pendorong mood yang terbesar," kata Ramsey.

Dark chocolate tidak hanya memberikan kesenangan dari makanan, tetapi juga memiliki presentase yang tinggi dari kakao, yang memiliki lebih banyak kekuatan antioksidan, dari makanan lainnya.

 

Sumber : Liputan6.com