Dinkes Padang Gelar Pelbagai Lomba Hari Kesehatan

 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang menggelar lomba senam antar puskesmas pada Rabu untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada Kamis (12/11).

 

"Lomba senam ini terdiri dari senam aerobik yang diikuti oleh staff puskesmas, serta senam prolanis diikuti oleh kelompok lansia binaan dari masing-masing puskesmas," kata Kasi Promosi Kesehatan dan Peran Serta Masyarakat (Promkes) Dinkes Padang, Dewi Sartikan di Padang, Rabu.

 

Ia menyebutkan, ada 23 tim yang mengikuti senam aerobik terdiri dari 22 puskesmas dan satu tim dari dinas kesehatan, sedangkan untuk senam prolanis diikuti oleh 18 tim.

 

Senam prolanis merupakan senam yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan senam ini biasanya dilakukan oleh lansia maupun yang masih muda tetapi memiliki penyakit generatif.

 

"Lomba ini dilaksanakan hanya satu hari dan langsung akan diketahui pemenangnya hari ini juga, paginya senam prolanis dan siangnya senam aerobik,"katanya.

 

Menurutnya, selain untuk memperingati hari kesehatan nasional, lomba tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara staff puskesmas dengan puskesmas yang lainnya.

 

Ia mengatakan, ada beberapa lomba lainnya yang juga digelar untuk memperingati hari kesehatan nasional, ada yang masih berjalan dan ada juga yang sudah selesai dan diketahui pemenangnya.

 

Adapun lomba lain yang digelar adalah lomba cerdas cermat antar kader puskesmas, lomba dinas kesehatan idola, lomba puskesmas dan dokter berprestasi, lomba balita sehat Indonesia, lomba dokter kecil antar Sekolah Dasar (SD), serta lomba Kawasan Tanpa Rokok (KTR) antar Kecamatan.

 

Salah seorang peserta senam prolanis dari Puskesmas Bungus, Katrina (67) mengatakan bahwa senam prolanis sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan ia merasakan tubuhnya terasa lebih sehat setelah melakukan senam tersebut.

 

"Saya merasakan perubahan tubuh saya menjadi lebih sehat dan mudah digerakkan setelah melakukan senam,"ujarnya.

 

Ia mengaku sebelum melakukan lomba pada hari ini, dilakukan latihan rutin satu kali dalam seminggu selama tiga bulan di puskesmas Bungus. (cpw9)