DKK Padang peroleh Sertifikat ISO 9001:2008, Walikota: pelayanan harus lebih baik

 

Pelayanan pada Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Kota Padang mesti lebih baik, seiring ditetapkannya sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) serta mendapatkan sertifikat ISO 9001 versi 2008. Sebab status tersebut bukan akhir dari sebuah pencapaian dalam kinerja melainkan awal untuk membuktikan institusi ini mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

 

Penegasan ini disampaikan Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo disela penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 dari pihak PT. Sucofindo selaku konsultan yang berlangsung di aula Kantor DKK Padang, Rabu (30/12/2015).

 

Menurut Walikota Mahyeldi, diterimanya sertifikat ISO 9001:2008 menjelang menutup tahun 2015 membuktikan predikat yang baik sekaligus memberikan motivasi bagi jajaran di DKK Padang agar terus meningkatkan kinerjanya pada tahun 2016 yang akan datang.

 

"Supaya nilai-nilai yang menjadi kriteria dari kualitas pelayanan di bidang kesehatan benar-benar teraplikasi di DKK, maka mesti perlu keseriusan dalam mencurahkan kemampuan dan melahirkan inovasi baru dalam pelayanan kesehatan," ujar Walikota.

 

Susanti Moro dari pihak konsultan yang menyerahkan langsung sertifikat ISO 9001:2008 kepada Walikota Padang menyebut, ISO 9001 versi 2008 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

 

"Standar yang sama dapat diterapkan pada berbagai organisasi, besar atau pun kecil, apapun product dan layanannya, dalam sembarang aktivitas suatu sektor, dan apakah itu adalah perusahaan business, layanan publik atau departemen pemerintahan," katanya.

 

Ia menambahkan, sistem manajemen mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan yang telah ditetapkannya sendiri, seperti memenuhi persyaratan kualitas pelanggan, sesuai dengan peraturan, atau tujuan lingkungan.

 

"DKK Padang, Puskesmas Lubuk Buaya, Puskesmas Padang Pasir dan Puskesmas Lapai sudah memenuhi persyaratan tersebut dan berhak menerima sertifikat ISO 9001:2008," tukuknya.

 

Sementara itu Kepala DKK Padang, drg. Eka Lusti mengungkapkan, diperolehnya sertifikat ISO 9001:2008 tersebut merupakan pencapaian di tengah kerja keras menghadapi berbagai permasalahan terkait kesehatan sejak awal 2015.

 

"Terutama menghadapi Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri yang membutuhkan kerja ekstra seluruh jajaran di DKK. Kita sudah turun untuk memberikan vaksinasi dan langkah-langkah pencegahan. Berkat bimbingan pimpinan dan dukungan berbagai elemen masyarakat akhirnya kita mampu berbuat sesuai dengan harapan dan mengikuti sistem-sistem yang semestinya," ungkap Eka Lusti.

 

Ia juga menyatakan, dengan BLUD dan ISO yang diperoleh akan menguatkan komitmen seluruh jajarannya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat."Ini akan menguatkan komitmen kami untuk memberikan pelayanan prima," tukasnya. (Hms/DU) - See more at: http://www.gosumbar.com/berita/baca/2015/12/30/dkk-padang-peroleh-iso-90012008-walikota-palayanan-kesehatan-harus-lebih-baik#sthash.FVihl1Y0.dpuf