Masyarakat Ramaikan Periksa Kesehatan Gratis Pada HKG-PKK ke-47

Jul 29, 2019

19 kali dibuka

Masyarakat Ramaikan Periksa Kesehatan Gratis Pada HKG-PKK ke-47

Dinkes Padang_Kesadaran dan animo masyarakat terhadap pemeriksaan kesehatan tergambar dari kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Padang dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat di HKG PKK (Hari Kesatuan Gerak PKK) Nasional ke-47 di Lapangan Imam Bonjol. Acara berlangsung selama 3 hari sejak Rabu (24/7).

Kunjungan masyarakat cukup ramai. Tidak hanya pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat), skrining PTM (Penyakit Tidak Menular) juga dilakukan. Pemeriksaan pun tidak terbatas hanya kepada warga Kota Padang, dan serunya semuanya tidak dipungut biaya. Jumlah peserta yang sudah diperiksa IVA mencapai 132 orang. Walau tidak sesuai dengan target yang ditetapkan sebelumnya namun tetap bersyukur karena menggerakkan para ibu-ibu untuk periksa IVA sangat lah sulit. Rasa takut dan malu menjadi penyebab utamanya.

Dinas Kesehatan Kota Padang pun mengerahkan 16 orang bidan terlatih untuk ikut berpartisipasi. Perwakilan dari hampir seluruh puskesmas Kota Padang sangat antusias dengan digelarnya acara besar seperti ini. "Kami juga mengucapkan terima kasih, karena dengan adanya acara ini, masyarakat lebih terpapar dan capaian kami pun otomatis meningkat" ujar Fiora Fenti salah satu bidan dari Puskesmas Ikur Koto.

Di kesempatan yang sama, pada acara puncak HKG-PKK Kamis (25/7), Kecamatan Padang Barat berhasil menggondol Pakarti Utama II dari Ketua TP PKK Pusat. Penghargaan ini diberikan bagi Kota Pelaksana Terbaik Pemeriksaan IVA. Hadiah diterima langsung oleh Ketua TP PKK Kota Padang Harneli Bahar. Beliau mengatakan bahwa bagaimana upaya agar pemeriksaan IVA dapat berjalan maksimal dan lebih meningkat lagi. "Tidak hanya Padang Barat saja, seluruh kecamatan Kota Padang wajib menggalakkan kampanye IVA test" tambahnya.

Dengan demikian, warga Kota Padang mulai menyadari akan bahayanya kanker leher rahim atau yang biasa disebut dengan kanker serviks. Pencegahan dengan cara pemeriksaan IVA akan mempengaruhi angka kejadian penyakit kanker serviks di Kota Padang khususnya.

Sosialisasi dari berbagai pihak pun harus terus dilakukan, baik dari pihak petugas kesehatan, maupun lintas sektor. Pemanfaatan kader kesehatan untuk mengajak masyarakat sangat diharapkan.

Sebagai tambahan informasi, seluruh puskesmas Kota Padang memberikan layanan pemeriksaan IVA. Bahkan, Puskesmas Padang Pasir dan Puskesmas Nanggalo menerima layanan rujukan pasien IVA positif. Berikutnya, Puskesmas Lubuk Buaya akan menyusul dengan adanya anggaran dana DAK (penugasan) pengadaan alat krioterapi tahun ini.

Admin : LBS