ATURAN LAYANAN PENGADUAN

Dinas Kesehatan Kota Padang berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Untuk itu kami membuka layanan pengaduan masyarakat yang aktif selama 24 jam.

Layanan pengaduan Dinas Kesehatan Kota Padang, dilakukan dengan berbagai cara yaitu :

  • Layanan SMS Gateway
  • Buku tamu di website www.dinkes.padang.go.id
  • Datang langsung
  • Melalui surat elektronil email : dkkpadang@gmail.com
  • Melalui surat ke kantor dinas kesehatan kota padang

Syarat Penggunaaan SMS Gateway

  • SMS Gateway ini tidak dipergunakan untuk SMS SPAM atau PENIPUAN dengan alasan apapun
  • Bahasa yang digunakan dapat dimengerti, baik dan sopan
  • Isi SMS tidak bertentangan dengan NORMA dan tidak mengandung unsur SARA serta PROVOKASI.
  • Nomor PENGIRIM harus valid dan dapat dihubungi untuk keperluan klarifikasi jika diperlukan.
  • SMS Gateway ini dipergunakan secara baik dan bijak sebagaimana seharusnnya.

Format SMS Gateway

  • Seperti SMS biasa ditujukan ke nomor 0811 668 011. (isi harus mencakup lingkupan, materi, waktu)

Lingkupan Lembaga

  • Dinas Kesehatan Kota Padang
  • Puskesmas di Lingkungan Dinas Kesehatan Kota padang

Materi pengaduan :

  • Penyalahgunaan wewenang
  • Korupsi kolusi Nepotisme
  • Pelanggaran standar pelayanan
  • Pelanggaran disiplin
  • MHambatan pelayanan masyarakat

Hak-Hak Pelapor

  • Mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitasnya.
  • Mendapatkan kesempatan untuk dapat memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun.
  • Mendapatkan informasi mengenai tahapan laporan pengaduan yang didaftarkannya.
  • Mendapat perlakuan yang sama dan setara dengan terlapor dalam pemeriksaan
  • Menyampaikan berupa keluhan, kritik, pernyataan tidak puas
  • Memperoleh tanggapan
  • Mengetahui hasil pengaduan

Dasar Hukum

  • Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik
  • KUHP
  • KUHAP
  • Peraturan Daerah
  • Standar Pelayanan Dinas Kesehatan Kota Padang

ALUR Kerja Pengaduan SMS

  • SMS dari Masyarakat
  • Operator Login
  • Baca sms
  • Edit jika diperlukan
  • Print dalam form sms
  • Melanjutkan ke Bidang atau Pihak berwenang
  • Balasan dari bidang (maksimal 3 x 24 jam) kecuali dibutuhkan waktu lebih
  • Tanggapan tampil di website