Dinkes Kota Padang bersama Lapas Perempuan Kelas II B Bergerak Bersama Menuju Padang Bebas TBC 2030

Mar 13, 2023

1166 kali dibuka

Dinkes Kota Padang bersama Lapas Perempuan Kelas II B Bergerak Bersama Menuju Padang Bebas TBC 2030

Senin, 13 Maret 2023 Dinas Kesehatan Kota Padang bersama Lapas Perempuan Kelas II B Padang dan Puskesmas Anak Air menyelenggarakan kegiatan  Skrining TBC Masal dan Skrining Penyakit Tidak Menular pada warga binaan. Kegiatan ini inisiatif dari Lapas Perempuan sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan penularan TBC di lingkungan LPP Kelas II B Padang dalam rangka Hari Bakti Permasyarakatan dan Hari TBC se-Dunia.

Kegiatan ini dibuka oleh Sub Koordinator Pencegahan & Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Padang, Ibu Evawestari, S.K.M., M.I.Kom dan dilanjutkan penyuluhan Cegah TBC melalui PHBS. Pada sesi penyuluhan ini disampaikan bahwa saat ini Indonesia menempati urutan nomor 2 kasus TB terbanyak di dunia. Kegiatan skrining sangat penting untuk dilakukan pada kelompok berisiko. Lapas merupakan salah satu dari kelompok berisiko tersebut.

Selain itu, penyakit TBC juga akan semakin parah jika dialami oleh orang yang terkena HIV & DM sehingga perlu juga skrining penyakit tidak menular. Dengan skrining TBC maka orang yang bergejala diperiksa agar pengobatan TBC semakin cepat dilakukan, sehingga TBC berhasil disembuhkan. Adapun salah satu upaya penting yang bisa dilakukan untuk mencegah TBC adalah melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

dr. Rini Lestari, Dokter Penanggungjawab Klinik Lapas Perempuan Kelas II Padang juga menyampaikan rasa terimakasih atas kegiatan yang dilakukan ini dan berharap agar kegiatan ini bisa terus berlanjut ke depannya.
 
Saat ini skrining telah dilakukan pada 206 orang warga binaan. Kegiatan ini ke depannya akan dilanjutkan secara rutin oleh Lapas Perempuan Kelas II B Padang dengan Puskesmas Anak Air.