Dinkes Kota Padang Lakukan Deteksi Dini Penyakit Menular melalui Skrining TBC, HIV & Hepatitis pada WBP Rutan Kelas II B Padang

Feb 23, 2023

1645 kali dibuka

Dinkes Kota Padang Lakukan Deteksi Dini Penyakit Menular melalui Skrining TBC, HIV & Hepatitis pada WBP Rutan Kelas II B Padang

Kamis, 23 Februari 2023 Dinas Kesehatan Kota Padang bersama KOPI TB Kota Padang dan Puskesmas Anak Air menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi TBC dan Skrining TBC, HIV, dan Hepatitis pada warga binaan pemasyarakatan di Rutan Kelas II B Padang.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan penularan TBC di lingkungan Rutan Kelas II B Padang.

Kegiatan ini dibuka oleh Sub Koordinator Pencegahan & Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Padang, Ibu Evawestari, S.K.M., M.I.Kom, pada saat pembukaan kegiatan disampaikan bahwa skrining bertujuan untuk mendeteksi sejak dini apakah kita sakit TBC, terinfeksi atau tidak sakit TBC. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari TB se-Dunia tanggal 24 Maret 2023 mendatang dengan tema "Yes, We Can End TB". Tidak hanya itu, pada kegiatan ini peserta juga boleh bertanya pada sesi tanya jawab saat sosialisasi TBC yang disampaikan oleh Ketua KOPI TB Kota Padang dr. Rizki Amalia Hardi, Sp.P, FAPSR.

Dalam Sosialisasi TBC ini, dr. Rizki Amalia Hardi, Sp. P, FAPSR menyampaikan bahwa saat ini Indonesia menempati posisi kedua kasus TBC terbanyak di dunia. Kegiatan skrining sangat penting untuk dilakukan pada kelompok berisiko. Meskipun TBC bisa disembuhkan, akan tetapi jika terlambat dalam mendeteksi TBC, maka pengobatan juga akan semakin lambat dilakukan. Oleh karena itu, skrining sangat penting dilakukan agar pengobatan dapat dilakukan lebih awal dan TBC bisa disembuhkan.

Kepala Rutan Kelas II B Padang, Bapak Muhammad Mehdi, A.Md.IP., S.Sos., M.Si pada sambutannya juga menyampaikan rasa terimakasih atas kegiatan yang dilakukan ini dan berharap agar kegiatan ini bisa terus berlanjut ke depannya, terdapat 700 warga binaan yang juga selalu dipantau kesehatannya oleh Klinik Rutan Kelas II B Padang.
 
Saat ini skrining dilakukan pada 65 orang warga binaan. Kegiatan ini ke depannya akan dilanjutkan secara rutin oleh Rutan Kelas II B Padang dengan Puskesmas Anak Air.