Pelaksanaan SDIDTK, Vitamin A dan Obat Cacing TK/PAUD diwilayah kerja Puskesmas Alai

Feb 7, 2023

4988 kali dibuka

Pelaksanaan SDIDTK, Vitamin A dan Obat Cacing TK/PAUD diwilayah kerja Puskesmas Alai

Bulan Februari dan Agustus adalah bulan vitamin A, di kedua bulan ini anak bisa mendapatkan berupa suplementasi vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Begitu juga pelaksanaan SDIDTK dan pemberian obat cacing. Seluruh anak yang berusia 6 bulan sampai 59 bulan akan mendapatkan vitamin A gratis di Posyandu atau Puskesmas, termasuk anak PAUD/TK.  Menurut data WHO, diperkirakan terdapat 250 juta anak pra-sekolah di seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin A. Setiap tahun terdapat sekitar 250.000 – 500.000 anak mengalami kebutaan dan separuh anak ini kemudian meninggal dalam jangka waktu 12 bulan akibat kekurangan vitamin A. Di Indonesia program suplementasi vitamin A aktif dikampanyekan sejak tahun 1970-an dan masih terus digalakkan hingga saat ini. Vitamin A atau retinol adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak, di dalam tubuh disimpan di hati. Vitamin A berfungsi dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit dan antibodi sehingga berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga bermanfaat bagi kesehatan mata dan kulit, menjaga kesehatan mukosa saluran pernafasan, berperan dalam proses perkembangan embrio dan reproduksi. Vitamin A juga merupakan antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas berbahaya bagi tubuh. Pemberian vitamin A pada anak memberikan berbagai manfaat, diantaranya mengurangi angka kesakitan, mengurangi angka kematian akibat infeksi campak, diare, mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan infeksi, serta mencegah anemia.
Vitamin A ini diberikan secara gratis dan dapat diperoleh di seluruh sarana fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, puskesmas  pembantu (Pustu), polindes/poskesdes, balai pengobatan, praktek dokter/bidan swasta), posyandu, sekolah Taman Kanak-kanak, Pos PAUD termasuk kelompok bermain, tempat penitipan anak, dan sebagainya.
Wilayah Puskesmas Alai memiliki TK dan PAUD berjumlah 11, yaitu  Ipermas, Cempaka Putih, Bhayangkari 1, SG 3, Yari, Hauriyah Halum, RA Ikhlas, Bhayangkari 3, DEK, SG 4 , Tunas Bangsa. Dalam kegiatan pemberian vitamin A, dilaksanakan juga kegiatan stimulasi deteksi intervensi dini tumbuh kembang ( SDIDTK). SDIDTK adalah kegiatan / pemeriksaan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang agar lebih mudah dilakukan penanganan selanjutnya. DDTK penting dilakukan guna mengetahui pertumbuhan anak baik itu mental, sikap, perbuatan yang merupan suatu tugas orang tua, pendidik dan masyarakat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak sesuai dengan kemampuan yang dibawa anak sejak lahir sehingga anak menjadi cerdas dan sehat, namun harus selalu dipantau melalui deteksi dini tumbuh kembang anak secara rutin dan teratur agar tidak terlambat apabila terjadi masalah dengan tumbuh kembang anak, dan dilanjutkan juga kegiatan pemberian obat cacing, masalah cacingan di Indonesia diantaranya adalah rata-rata prevalensi cacingan pada anak SD sebesar 28,12%, pengetahuan masyarakat tentang cacingan masih rendah, kemampuan petugas untuk melakukan penanggulangan cacingan masih kurang, dan komitmen pengambil keputusan yang kurang. Jenis cacing perut antara lain: cacing gelang (Ascaris lumbricoides), cacing cambuk (Trichuris trichiura), dan cacing tambang (Necator americanus dan Ancylostoma duodenale). Untuk menurunkan prevalensi cacingan di Indonesia khususnya di Sumatera Utara maka dilaksanakan pemberian obat pencegahan masal (POPM) cacingan. Obat cacingan yang diberikan kepada sasaran POPM adalah Albendazole 400 mg. Sasaran POPM cacingan adalah anak usia 1 tahun - 12 tahun dengan ketentuan anak usia 1 tahun - 2 tahun: 200 mg dosis tunggal, sedangkan anak usia > 2 tahun: 400 mg dosis tunggal. Albendazole tidak hanya membunuh cacing dewasa namun juga menghancurkan telur dan larva cacing.

Admin :

Puskesmas Alai

Lihat Profil dan Berita dari Admin