DINAS KESEHATAN KOTA PADANG

Provinsi Sumatera Barat

Canangkan Posyandu Seroja, Pemko Padang Targetkan Raih Perhargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Postdate : 31 May 2019       Sumber Berita :


Padang- Setelah Sukses meriah penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia kategori Kelas Ibu Muda (IMUD) Tahun 2018. Pemerintah Kota Padang 2019 menargetkan meraih kembali penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik itu.


Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani menjelaskan sehubungan dengan surat keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia tentang terpilihnya Puskesmas Nanggalo Top 99 Pelayanan Publik yaitu Keluarga Siaga Kurao Pagang. Salah satu kegaitannya dalah mengadakan pelayanan di Posyandu Seroja.
"Posyandu Seroja adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien-pasien yang mengalami gangguan kejiwaan ringan maupun sedang, " jelas Feri Mulyani saat pencanangan Posyandu Seroja di Kelurahan Kurao Pagang,Kecamatan Nanggalo, Rabu 29052019.


Lebih jauh dijelaskan Feri Mulyani, tujuan didirikan Posyandu Seroja ini, bagaimana kader-kader Posyandu bisa mendekatkan diri kepada pasien dan keluarga pasein sehingga stigma negatif dari masyarakat dapat berubah. Selain itu, memberikan pelatihan kepada kader Posyandu bagaimana melayani pasien yang mengalami gangguan kejiwaan. "Dengan adanya kader Posyandu Seroja ini dapat menemukan pasien dengan gangguan jiwa ditengah-tengah masyarakat sehingga bisa dilakukan pencegahan sedini mungkin," sebutnya.


Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Nanggalo Devita Rizki mengatakan, Posyandu Seroja ini merupakan kegiatan bersama kelurahan dlaam rangka menurunkan angka gangguan jiwa di Kelurahan Kurao Pagang. "Ini adalah bentuk pengembangan dari inovasi siaga sehat Kurao Pagang yaitu Posyandu Seroja (Sayani, Empati, Rawat, Obati, Jiwa, Raga) yang menjadi wadah untuk menangani pasien gangguan jiwa," jelasnya. Ia menambahkan, masyarakat perlu mengubah mindset bahwa gangguan jiwa itu bukan hanya orang gila saja namun anak-anak yang mengalami gangguan belajar, depreasi ringan juga termasuk gangguan jiwa. "Bagi masyarakat yang mengikuti kegiatan ini terlebih dahulu melakukan pendaftaran, ukur tinggi dan berat badan, cek tekanan darah dan pemeriksaan lainnya, setelah itu dilakukan screening agar ditangani lebih lanjut,"sebutnya.


Untuk mempercepat kesembuhan paisen, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan Dinas Sosial Kota Padang, Kemenag Kota Padang disamping itu tetap menagadakan penanganan kepada pasien seperti senam dan permainan-permainanan yang bisa mengembalikan kepercayaan diri pasien. "KAmi juga akan memberikan pelatihan keterampilan kepada pasien sehingga setelah sembuh nanti dapat membantu ekonomi keluarga,"tuturnya. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bagian Organisasi Pemko Padang Sandra Imelda, Sekretaris Camat Nanggalo Robert Candra dan Lurah Kurao Pagang.
Sumber : Repost Humas Pemko Padang

 Pengumuman

Pemberitahuan Kewaspadaan Terhadap Penyakit Akibat Kabut Asap

Postdate : 23 September 2019

Imbauan Kewaspadaan Penyakit Akibat Kabut Asap

Postdate : 23 September 2019

KEGIATAN "PEKAN PENJARINGAN KASUS TBC" DI KOTA PADANG

Postdate : 09 August 2019

Himbauan Walikota tentang Penjaringan Kasus TBC

Postdate : 05 August 2019

VAKSINASI MENINGITIS CALON JAMAAH HAJI KUOTA TAMBAHAN

Postdate : 18 June 2019

PENGUMUMAN LULUS SELEKSI PEGAWAI NON PNS PPK-BLUD PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2019

Postdate : 11 January 2019

Pengumuman Lulus Test Administrasi Pegawai Non PNS (kontrak) PPK-BLUD Puskesmas Kota Padang Tahun 2019

Postdate : 07 January 2019

Pengumuman Penerimaan Pegawai Non PNS (kontrak) PPK-BLUD Puskesmas Kota Padang Tahun 2019

Postdate : 28 December 2018

Perizinan Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)

Postdate : 02 August 2018

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI AKHIR PENERIMAAN PEGAWAI NON PNS/ KONTRAK PPK BLUD PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2018

Postdate : 27 March 2018

 SMS Gateway

Pengirim : +6281266xx

Tolong di percepat pelayanan nya.anak saya sudah tidak tahan lagi karna batuk nya.

14 July 2017
Pengirim : +6281261xx

Bpk/ibuk , mohon prhatikan pelayanan puskesmas ulak karang khususnya bgn pndaftaran. layanan tdk ramah, mmpersulit pasien, main hp saat melayani.

14 July 2017
Pengirim : +6281261xx

Selamat siang.saya bernama dede irama ingin mengadukan pelayanan di puskesmas alai sangat lambat sekali..respon untuk mengajukan rujukan sangat tidak efektif dengan alasan tidak bisa koneksi ke internet bpjsnya. Mohon koreksi ke puskesmasnya. Terima kasih

14 July 2017
Pengirim : +6281374xx

Saya weri lulusan s2 pasca sarjana unp. Barusan saya ditolak berobat oleh pegawai puskesmas air tawar barat bernama sofi karna alasan tidak punya kartu bpjs saya baru wisuda bbrp waktu lalu jdi sy blm memiliki kartu bpjs karna sblmnya status saya mash mah

14 July 2017
Pengirim : +6281283xx

Bapak/ibu jika kira kira kami ingin mengadakan penyuluhan phbs di daerah kami apakah ada alat peraga / alat bantu yang dapat kami pinjam dari dinas kesehatan?

08 June 2016

 Facebook

 Twitter