DINAS KESEHATAN KOTA PADANG

Provinsi Sumatera Barat

Migrasi ke Aplikasi ePuskesmas NG, layanan Puskesmas lebih cepat tepat dan lengkap

Postdate : 30 July 2019       Sumber Berita : Subag Program

DinkesPadang_ Puskesmas merupakan ujung tombak layanan kesehatan yang menyentuh langsung kebutuhan kesehatan masyarakat, fasilitas kesehatan tingkat pertama ini menjadi primadona bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehtaan sehat maupun sakit. Kepuasan masyarakat dalam menerima layanan merupakan tujuan utama sebagai cerminan kepercayaan masyarakat terhadap Puskesmas. Layanan yang cepat, tepat diagnosa, nyaman merupakan dambaan masyarakat. 


Dinkes menfasilitasi Puskesmas dengan layanan pasien menggunakan aplikasi ePuskesmas dari layanan pendaftaran, setiap layanan poliklinik, layanan penunjang sampai ke apotik yang sudah digunakan sejak tahun 2016. Untuk kualitas layanan yang lebih baik, maka aplikasi ePuskesmas tersebut diupgrade ke versi yang lebih lengkap dan cepat  yang mencakup manajemen pasien dan manajemen program untuk mengakomodir pelaporan dari Puskesmas ke Dinkes. Aplikasi ePuskesmas versi terbaru ini bermigrasi ke versi ePuskesmas NG (Next Generation) untuk 23 Puskesmas di Kota Padang dan dibutuhkan pendampingan  (on job training) dalam penggunaannya. 


Proses pendampingan ini berlangsung selama 3 minggu (15 Juli sampai dengan 03 agustus) dengan pendampingan dari PT.Infokes Indonesia yang merupakan naungan PT.Telkom Indonesia. PT.Telkom menugaskan 4 orang tenaga IT dari PT.Infokes sebanyak 4 orang, "Kami berharap dapat memberikan pendampingan maksimal kepada semua Puskesmas di Kota Padang", harap Dewi selaku subag program yang bertanggungjawab mengkoordinis proses pendampinagn tersebut. "Monitoring dan koordinasi akan terus kami lakukan selama proses pendampingan, masukan dari Puskesmas terhadap aplikasi ePuskesmas NG ini akan kami tampung untuk perbaikan aplikasi", tambahnya lagi pada saat pendampingan ke Puskesmas Alai.


Proses pendampingan langsung ke Puskesmas pada jam pelayanan, sehingga sedikit menghambat pelayanan. Dengan pengertian yang diberikan pada pasien, pelayanan dapat diberikan secara realtime dimulai dari pendaftaran sampai ke apotik. Tidak begitu banyak kendala yang ditemui selama proses pendampingan ePuskesmasNG ini karena petugas sudah terbisa dengan aplikasi ePuskesmas sebelumnya, hanya menyesuaikan dengan tambahan fitur baru pada aplikasi. "Hanya perlu pembiasaan dengan fitur barunya, kecepatan nanti bisa menyesuaikan bila sudah hafal fiturnya", ungkap Meta petugas KIA di Puskesmas Anak Air. Antusiasme petugas dalam belajar menggunakan aplikasi NG ini demi kualitas layanan yang lebih baik untuk masyarakat merupakan nilai tambah dalam pemanfaatn aplkasi ini ke depan. "Pasien yang berkunjung diharapkan bersabar dalam beebrapa hari kedepan menjelang aplkasi ini terbisa digunakan petugas", tutur dr.Mela selaku Kepala Puskesmas Andalas. "Aplikasi ini lebih lengkap fiturnya, dapat membantu laporan bulanan kami ke Dinkes", tambah Meri selaku tata usaha Puskesmas Bungus.


Petugas sangat bersemangat menggunakan aplikasi ePuskesmasNG, "saya senang ibu-ibu disini bersemagat dan cepat belajar, perlu pembiasaan saja dengan tampilan dan tambahan fiturnya. Sudah disediakan panduan manual juga pada aplkasinya, sehingga bisa dipelajari sambil jalan", ujar Dika salah seorang tenaga pendamping dari PT Infokes. Proses pendampingan penggunaan apliakasi ePuskesmasNG ini nantinya akan ditutup dengan pendampingan manajemen program untuk petugas di Dinkes Padang yang dijadwalkan Jumat (03/8), sebagai koordinator layanan Dinkes mempunyai fitur monitoring layanan dan manajemen pelaporan Puskesmas.


Admin_FZ

Redaksi_FZ

 Pengumuman

KEGIATAN "PEKAN PENJARINGAN KASUS TBC" DI KOTA PADANG

Postdate : 09 August 2019

Himbauan Walikota tentang Penjaringan Kasus TBC

Postdate : 05 August 2019

VAKSINASI MENINGITIS CALON JAMAAH HAJI KUOTA TAMBAHAN

Postdate : 18 June 2019

PENGUMUMAN LULUS SELEKSI PEGAWAI NON PNS PPK-BLUD PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2019

Postdate : 11 January 2019

Pengumuman Lulus Test Administrasi Pegawai Non PNS (kontrak) PPK-BLUD Puskesmas Kota Padang Tahun 2019

Postdate : 07 January 2019

Pengumuman Penerimaan Pegawai Non PNS (kontrak) PPK-BLUD Puskesmas Kota Padang Tahun 2019

Postdate : 28 December 2018

Perizinan Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)

Postdate : 02 August 2018

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI AKHIR PENERIMAAN PEGAWAI NON PNS/ KONTRAK PPK BLUD PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2018

Postdate : 27 March 2018

PENGUMUMAN LULUS SELEKSI ADMINISTRASI PPK BLUD PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2018

Postdate : 19 March 2018

PENGUMUMAN LOWONGAN KERJA PUSKESMAS BLUD KOTA PADANG TAHUN 2018

Postdate : 14 March 2018

 SMS Gateway

Pengirim : +6281266xx

Tolong di percepat pelayanan nya.anak saya sudah tidak tahan lagi karna batuk nya.

14 July 2017
Pengirim : +6281261xx

Bpk/ibuk , mohon prhatikan pelayanan puskesmas ulak karang khususnya bgn pndaftaran. layanan tdk ramah, mmpersulit pasien, main hp saat melayani.

14 July 2017
Pengirim : +6281261xx

Selamat siang.saya bernama dede irama ingin mengadukan pelayanan di puskesmas alai sangat lambat sekali..respon untuk mengajukan rujukan sangat tidak efektif dengan alasan tidak bisa koneksi ke internet bpjsnya. Mohon koreksi ke puskesmasnya. Terima kasih

14 July 2017
Pengirim : +6281374xx

Saya weri lulusan s2 pasca sarjana unp. Barusan saya ditolak berobat oleh pegawai puskesmas air tawar barat bernama sofi karna alasan tidak punya kartu bpjs saya baru wisuda bbrp waktu lalu jdi sy blm memiliki kartu bpjs karna sblmnya status saya mash mah

14 July 2017
Pengirim : +6281283xx

Bapak/ibu jika kira kira kami ingin mengadakan penyuluhan phbs di daerah kami apakah ada alat peraga / alat bantu yang dapat kami pinjam dari dinas kesehatan?

08 June 2016

 Facebook

 Twitter