DINAS KESEHATAN KOTA PADANG

Provinsi Sumatera Barat

Hempas Resiko Penularan HIV AIDS melalui Peran Konselor Sebaya pada Remaja

Postdate : 30 July 2019       Sumber Berita : Seksi Pencegahan Penyakit Menular

Konselor Sebaya merupakan sebuah langkah atau pendekatan konseling yang memberdayakan teman sebaya dalam mengajak, menyuluh, memberi pemahaman terutama tentang kesehatan pada remaja karena teman sebaya memiliki peranan yang kuat dalam kehidupan remaja.


Dinkes Kota Padang menggelar workshop konseling dasar HIV bagi remaja di aula Dinkes Kota Padang (29/7/2019). Peserta yang hadir merupakan perwakilan pelajar setingkat SLTP dan SLTA di Kota Padang. Dalam pembukaannya Ferimulyani selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang memaparkan penyebaran bahwa penyakit HIV AIDS merupakan masalah kesehatan di Indonesia, termasuk Kota Padang. Berdasarkan data Dinkes Kota Padang tahun 2018, kasus HIV positif berjumlah 447 kasus dimana15 orang berada pada usiaremaja (14 – 19 th.

Workshop ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman tentang bahaya HIV, menjauhi perilaku beresiko HIV seperti menggunakan narkoba dan seks bebas dan bersedia menyampaikan informasi yang di dapat kepada teman-teman lainnya, seperti yang disampaikan oleh Evawestari selaku Kasi Pencegahan Penyakit Menular disela-sela materinya.


Suasana diskusi berlangsung interaktif, semangat peserta menggali ilmu dari narasumber sangat antusias. “Apakah orang yang diperiksa HIV akan di jaga kerahasiaannya dan apakah pemeriksaan atau konseling bisa di temani oleh guru dan bukan orang tuanya?” tanya Elvi Komelia yang mewakili para guru yang hadir. “Hasil dari tes HIV akan di jaga kerahasiaannya oleh dokter atau konselor dan hanya akan di sampaikan pada orang yang bersangkutan, gurupun boleh mendampingi siswa yang sedang dikonseling”, terang dra.Kuswardanisusari P.MSI psikolog sebagai narasumber. 


Selain menghadirkan narasumber ahli, Dinkes juga menggandeng ulama untuk memberikan materi. “Untuk menjadi generasi milenial yang bertaqwa, maka remaja harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai agama. Tanpa ada pengetahuan dan penerapan agama maka perilaku akan mudah menyimpang” ujar Ust.Ismed Eka Putra. “Apalagi di zaman kini, sosial media harus dibatasi, semakin banyak perilaku remaja yang tidak semestinya terkait penggunaan sosial media yang salah” tambahnya.


Diharapkan nantinya peserta yang hadir mampu menjadi pelopor peduli HIV dengan aktif sebagai konselor sebaya, melakukan edukasi kesehatan reproduksi remaja, membuat gerakan peduli HIV, tidak melakukan perilaku beresiko serta menerapkan hidup sehat dan produktif, terang Wanda Leksmana pemateri dari LSM Ruandu. “Jangan jauhi orang dengan HIV AIDS (ODHA) tapi jauhi virusnya, dan jadilah konselor sebaya yang baik”, pesannya di akhir materi.


Admin: TT
Redaksi: Fz

 Pengumuman

KEGIATAN "PEKAN PENJARINGAN KASUS TBC" DI KOTA PADANG

Postdate : 09 August 2019

Himbauan Walikota tentang Penjaringan Kasus TBC

Postdate : 05 August 2019

VAKSINASI MENINGITIS CALON JAMAAH HAJI KUOTA TAMBAHAN

Postdate : 18 June 2019

PENGUMUMAN LULUS SELEKSI PEGAWAI NON PNS PPK-BLUD PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2019

Postdate : 11 January 2019

Pengumuman Lulus Test Administrasi Pegawai Non PNS (kontrak) PPK-BLUD Puskesmas Kota Padang Tahun 2019

Postdate : 07 January 2019

Pengumuman Penerimaan Pegawai Non PNS (kontrak) PPK-BLUD Puskesmas Kota Padang Tahun 2019

Postdate : 28 December 2018

Perizinan Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)

Postdate : 02 August 2018

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI AKHIR PENERIMAAN PEGAWAI NON PNS/ KONTRAK PPK BLUD PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2018

Postdate : 27 March 2018

PENGUMUMAN LULUS SELEKSI ADMINISTRASI PPK BLUD PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2018

Postdate : 19 March 2018

PENGUMUMAN LOWONGAN KERJA PUSKESMAS BLUD KOTA PADANG TAHUN 2018

Postdate : 14 March 2018

 SMS Gateway

Pengirim : +6281266xx

Tolong di percepat pelayanan nya.anak saya sudah tidak tahan lagi karna batuk nya.

14 July 2017
Pengirim : +6281261xx

Bpk/ibuk , mohon prhatikan pelayanan puskesmas ulak karang khususnya bgn pndaftaran. layanan tdk ramah, mmpersulit pasien, main hp saat melayani.

14 July 2017
Pengirim : +6281261xx

Selamat siang.saya bernama dede irama ingin mengadukan pelayanan di puskesmas alai sangat lambat sekali..respon untuk mengajukan rujukan sangat tidak efektif dengan alasan tidak bisa koneksi ke internet bpjsnya. Mohon koreksi ke puskesmasnya. Terima kasih

14 July 2017
Pengirim : +6281374xx

Saya weri lulusan s2 pasca sarjana unp. Barusan saya ditolak berobat oleh pegawai puskesmas air tawar barat bernama sofi karna alasan tidak punya kartu bpjs saya baru wisuda bbrp waktu lalu jdi sy blm memiliki kartu bpjs karna sblmnya status saya mash mah

14 July 2017
Pengirim : +6281283xx

Bapak/ibu jika kira kira kami ingin mengadakan penyuluhan phbs di daerah kami apakah ada alat peraga / alat bantu yang dapat kami pinjam dari dinas kesehatan?

08 June 2016

 Facebook

 Twitter