DINAS KESEHATAN KOTA PADANG

Provinsi Sumatera Barat

Dinkes Padang Adakan Workshop PTM Untuk Tingkatkan Performa Dokter Di Puskesmas

Postdate : 10 August 2019       Sumber Berita : Seksi P2PTM Keswa Napza

Dinkes Padang_Penyakit Tidak Menular (PTM) semakin berkembang dewasa ini, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga merupakan penyumbang penyebab kematian terbesar di dunia (WHO, 2013). Sementara di Indonesia sendiri terjadi peningkatan prevalensi jumlah penderita Hipertensi dan Diabetes Melitus masing-masing sebesar 34,1% dan 6,9% (Riskesdas, 2018).

Berdasarkan data tersebut, maka Dinas Kesehatan Kota Padang mengadakan workshop PTM bagi petugas puskesmas dalam pendampingan pasien Hipertensi dan Diabetes Melitus serta teknik menurunkan obesitas pada pasien. Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari di Hotel Rangkayo Basa Padang (8-9/8) yang diikuti oleh dokter fungsional dan kordinator Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas se-Kota Padang.


Acara dibuka oleh Kepala Seksi P2PTM Keswa dan Napza Dinas Kesehatan Kota Padang H. Syafruddin,SKM. Beliau memaparkan situasi dan kondisi PTM di Kota Padang, dimana jumlah posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) yang masih belum menjangkau di semua kelurahan. “Impian bagi kita adalah agar gaungnya posbindu sama halnya dengan posyandu, yang jauh lebih dulu lahir di Indonesia. Dengan adanya posbindu di masyarakat, diharapkan dapat mencapai masyarakat berusia produktif agar mau memeriksakan dirinya minimal setahun sekali”, tandasnya.


Bagaimana caranya? Lebih lanjut, salah seorang peserta mengungkapkan agar petugas puskesmas dapat menjual semua program kesehatan, melalui media spanduk, leaflet, atau bahkan memanfaatkan sosial media sebagai sarana informasi kepada masyarakat. “Dengan adanya instagram, facebook, bahkan website, masyarakat bisa melihat puskesmas dan posbindu hanya dalam genggamannya saja, apalagi ditambah dengan penulisan dan gambar yang menarik mungkin akan tergerak hatinya untuk datang ke posbindu” pungkas drg. Ice Tresia yang merupakan kordinator UKM Puskesmas Nanggalo.


Dalam acara ini juga menghadirkan narasumber ahli dari RSUD dr. Rasidin Padang, dr. Lisa Oktamuva ,SP.PD dan dr. Tries Emnaldy, Sp.PD. Teknis dan tata laksana pendampingan pasien PTM khususnya Hipertensi dan Diabetes Melitus serta tips dan trik menurunkan obesitas, cukup menambah penyegaran ilmu bagi semua peserta. “Modifikasi gaya hidup lah yang paling penting, jangan hanya bergantung kepada terapi obat, insyaAllah bisa menurunkan angka kematian akibat PTM” terang dr. Em sapaan akrab dr. Tries Emnaldy, Sp.PD. “Kepada teman-teman di puskesmas, saling bersinergi lah baik dari segi promosi kesehatan maupun edukasi gizi, sehingga pasien-pasien PTM kita nantinya tidak jatuh ke arah komplikasi” tambahnya.


Banyak harapan yang disampaikan kali ini. “Dukungan dari para dokter di puskesmas terhadap kegiatan PTM, agar dapat menjadi pemicu bagi pengelola PTM di puskesmas sehingga semakin terpompa semangatnya untuk turun ke lapangan” ujar dr. Gentina di sela-sela penutupan acara. Tak hanya itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr. Ferimulyani juga berpesan tentang harapannya agar lintas sektor dapat memberikan dukungan dan respon yang positif di setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh puskesmas. “Mensosialisasikan program-program prioritas kesehatan kepada pihak kelurahan merupakan salah satu cara  sehingga dapat bersama-sama membangun masyarakat yang sehat dan produktif ”imbuhnya.


Admin : LBS


 Pengumuman

Pemberitahuan Kewaspadaan Terhadap Penyakit Akibat Kabut Asap

Postdate : 23 September 2019

Imbauan Kewaspadaan Penyakit Akibat Kabut Asap

Postdate : 23 September 2019

KEGIATAN "PEKAN PENJARINGAN KASUS TBC" DI KOTA PADANG

Postdate : 09 August 2019

Himbauan Walikota tentang Penjaringan Kasus TBC

Postdate : 05 August 2019

VAKSINASI MENINGITIS CALON JAMAAH HAJI KUOTA TAMBAHAN

Postdate : 18 June 2019

PENGUMUMAN LULUS SELEKSI PEGAWAI NON PNS PPK-BLUD PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2019

Postdate : 11 January 2019

Pengumuman Lulus Test Administrasi Pegawai Non PNS (kontrak) PPK-BLUD Puskesmas Kota Padang Tahun 2019

Postdate : 07 January 2019

Pengumuman Penerimaan Pegawai Non PNS (kontrak) PPK-BLUD Puskesmas Kota Padang Tahun 2019

Postdate : 28 December 2018

Perizinan Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)

Postdate : 02 August 2018

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI AKHIR PENERIMAAN PEGAWAI NON PNS/ KONTRAK PPK BLUD PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2018

Postdate : 27 March 2018

 SMS Gateway

Pengirim : +6281266xx

Tolong di percepat pelayanan nya.anak saya sudah tidak tahan lagi karna batuk nya.

14 July 2017
Pengirim : +6281261xx

Bpk/ibuk , mohon prhatikan pelayanan puskesmas ulak karang khususnya bgn pndaftaran. layanan tdk ramah, mmpersulit pasien, main hp saat melayani.

14 July 2017
Pengirim : +6281261xx

Selamat siang.saya bernama dede irama ingin mengadukan pelayanan di puskesmas alai sangat lambat sekali..respon untuk mengajukan rujukan sangat tidak efektif dengan alasan tidak bisa koneksi ke internet bpjsnya. Mohon koreksi ke puskesmasnya. Terima kasih

14 July 2017
Pengirim : +6281374xx

Saya weri lulusan s2 pasca sarjana unp. Barusan saya ditolak berobat oleh pegawai puskesmas air tawar barat bernama sofi karna alasan tidak punya kartu bpjs saya baru wisuda bbrp waktu lalu jdi sy blm memiliki kartu bpjs karna sblmnya status saya mash mah

14 July 2017
Pengirim : +6281283xx

Bapak/ibu jika kira kira kami ingin mengadakan penyuluhan phbs di daerah kami apakah ada alat peraga / alat bantu yang dapat kami pinjam dari dinas kesehatan?

08 June 2016

 Facebook

 Twitter