Migrasi ke Aplikasi ePuskesmas NG, layanan Puskesmas lebih cepat tepat dan lengkap

Jul 30, 2019

2249 kali dibuka

Migrasi ke Aplikasi ePuskesmas NG, layanan Puskesmas lebih cepat tepat dan lengkap

DinkesPadang_ Puskesmas merupakan ujung tombak layanan kesehatan yang menyentuh langsung kebutuhan kesehatan masyarakat, fasilitas kesehatan tingkat pertama ini menjadi primadona bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehtaan sehat maupun sakit. Kepuasan masyarakat dalam menerima layanan merupakan tujuan utama sebagai cerminan kepercayaan masyarakat terhadap Puskesmas. Layanan yang cepat, tepat diagnosa, nyaman merupakan dambaan masyarakat.


Dinkes menfasilitasi Puskesmas dengan layanan pasien menggunakan aplikasi ePuskesmas dari layanan pendaftaran, setiap layanan poliklinik, layanan penunjang sampai ke apotik yang sudah digunakan sejak tahun 2016. Untuk kualitas layanan yang lebih baik, maka aplikasi ePuskesmas tersebut diupgrade ke versi yang lebih lengkap dan cepat  yang mencakup manajemen pasien dan manajemen program untuk mengakomodir pelaporan dari Puskesmas ke Dinkes. Aplikasi ePuskesmas versi terbaru ini bermigrasi ke versi ePuskesmas NG (Next Generation) untuk 23 Puskesmas di Kota Padang dan dibutuhkan pendampingan  (on job training) dalam penggunaannya.


Proses pendampingan ini berlangsung selama 3 minggu (15 Juli sampai dengan 03 agustus) dengan pendampingan dari PT.Infokes Indonesia yang merupakan naungan PT.Telkom Indonesia. PT.Telkom menugaskan 4 orang tenaga IT dari PT.Infokes sebanyak 4 orang, "Kami berharap dapat memberikan pendampingan maksimal kepada semua Puskesmas di Kota Padang", harap Dewi selaku subag program yang bertanggungjawab mengkoordinis proses pendampinagn tersebut. "Monitoring dan koordinasi akan terus kami lakukan selama proses pendampingan, masukan dari Puskesmas terhadap aplikasi ePuskesmas NG ini akan kami tampung untuk perbaikan aplikasi", tambahnya lagi pada saat pendampingan ke Puskesmas Alai.


Proses pendampingan langsung ke Puskesmas pada jam pelayanan, sehingga sedikit menghambat pelayanan. Dengan pengertian yang diberikan pada pasien, pelayanan dapat diberikan secara realtime dimulai dari pendaftaran sampai ke apotik. Tidak begitu banyak kendala yang ditemui selama proses pendampingan ePuskesmasNG ini karena petugas sudah terbisa dengan aplikasi ePuskesmas sebelumnya, hanya menyesuaikan dengan tambahan fitur baru pada aplikasi. "Hanya perlu pembiasaan dengan fitur barunya, kecepatan nanti bisa menyesuaikan bila sudah hafal fiturnya", ungkap Meta petugas KIA di Puskesmas Anak Air. Antusiasme petugas dalam belajar menggunakan aplikasi NG ini demi kualitas layanan yang lebih baik untuk masyarakat merupakan nilai tambah dalam pemanfaatn aplkasi ini ke depan. "Pasien yang berkunjung diharapkan bersabar dalam beebrapa hari kedepan menjelang aplkasi ini terbisa digunakan petugas", tutur dr.Mela selaku Kepala Puskesmas Andalas. "Aplikasi ini lebih lengkap fiturnya, dapat membantu laporan bulanan kami ke Dinkes", tambah Meri selaku tata usaha Puskesmas Bungus.


Petugas sangat bersemangat menggunakan aplikasi ePuskesmasNG, "saya senang ibu-ibu disini bersemagat dan cepat belajar, perlu pembiasaan saja dengan tampilan dan tambahan fiturnya. Sudah disediakan panduan manual juga pada aplkasinya, sehingga bisa dipelajari sambil jalan", ujar Dika salah seorang tenaga pendamping dari PT Infokes. Proses pendampingan penggunaan apliakasi ePuskesmasNG ini nantinya akan ditutup dengan pendampingan manajemen program untuk petugas di Dinkes Padang yang dijadwalkan Jumat (03/8), sebagai koordinator layanan Dinkes mempunyai fitur monitoring layanan dan manajemen pelaporan Puskesmas.


Admin_FZ

Redaksi_FZ