Temu Ramah Tim Surveyor Re Akreditasi Puskesmas Kota Padang Diwarnai dengan Harapan dan Optimisme

Jul 24, 2019

257 kali dibuka

Temu Ramah Tim Surveyor Re Akreditasi Puskesmas Kota Padang Diwarnai dengan Harapan dan Optimisme

Dinkes Kota Padang menggelar temu ramah di Hotel Mercure Padang pada Selasa (23/6) dengan para surveior dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama  (FKTP) Kementrian Kesehatan RI. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara penilaian re akreditasi Puskesmas di Kota Padang.  Pada kesempatan tersebut Walikota Padang yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr.Ferimulyani H.M.Biomed menyampaikan  ucapan selamat datang kepada surveior penilai re akreditasi Puskesmas Lubuk  Buaya dan Lubuk Kilangan yang akan dimulai tanggal 23 - 25 Juli 2019. Terdapat 5 Puskesmas yang akan melalui proses re akreditasi pada tahun ini,  3 puskesmas yang akan menyusul terjadwal sesudahnya (24/7). Ucapan terima kasih juga diungkapkan kepada Camat Padang Barat Eri Sanjaya, Camat Lubuk Kilangan beserta Forkompika,  jajaran kelurahan serta ketua tim penggerak PKK yang berkenan hadir pada acara ini demi mendukung suksesnya re akreditasi.


Ferimulyani memaparkan inovasi yang telah digagas oleh beberapa Puskesmas di Kota Padang. Pelayanan Kelas IMUD (Ibu Muda) yang masuk Top 40 Inovasi Layanan Publik oleh Puskesmas Padang Pasir, Pemeriksaan PTM pada Jumat keliling oleh Puskesmas Rawang. Puskesmas Andalas dengan rumah gizi dengan nama Pos Seroja yang memberikan menu gizi yang baik untuk balita gizi buruk. Inovasi yang didalangi Puskesmas ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah dalam penilaian. Kadis juga mengungkapkan harapan dan optimisme terhadap hasil akhir dari penilaian re akreditasi pada kelima Puskesams dengan nilai Paripurna dan minimal menjadi lebih baik dari status akreditasi sebelumnya.


Yeni Arsika Wati,SKM  selaku ketua tim surveior memperkelankan timnya yang terdiri 3 orang masing-masing Puskesmas. DR.Yandrizal,SKM,M.Kes, dr.Wildan Asfan Hasibuan M.Kes dan beliau sendiri merupakan tim Puskesmas Lubuk Kilangan., sedangkan tim Puskesmas Padang Pasir adalah Indra Ramli,SKM,M.Kes, dr.Johan Sjahrul Badar dan dr.H.Hendri Rusdian,M.Kes.  "Kami akan memastikan proses  administrasi, upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan yang berjalan di Puskesmas sesuai dengan standar, memotret Puskesmas melalui data, mengumpulkan data dan fakta selama penilaian", terangnya. Ekspresi penuh harap dan semangat re akreditasi terlihat pada wajah tetamu yang menyambut kedatangan surveyor di ruangan tersebut dengan mimik menyimak. Yeni menambahkan penegasan bahwa hasil laporan survei yang trkumpul akan dikirimkan ke Komisi Akreditasi Nasinonal, "....karena komisilah yang berhak memutuskan kelulusan dari Puskesmas yang kami nilai", imbuhnya.

admin: LW